TUGAS
PENGANTAR BISNIS
DEFIKA
AYU CHRISTANTI
22213132
1EB17
PENDAHULUAN
Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif
sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam
persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada srategi pemasaran yang
dijalankannya . Untuk membahas hal tersebut, lebih jauh kita akan bahas
dalam bab-bab berikut dari makalah ini.
PEMASARAN
Pengertian
Pasar dan Pemasaran
• Pengertian pasar adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi
ada kemajuan dalam bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak
hanya dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
• Pengertian Pemasaran adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh
menjadi keinginan manusia.
Jenis
- Jenis Pasar
Jenis pasar menurut
bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2
yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).
Maka kita lihat
penjabaran berikut ini:
Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar
diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah
pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan
tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya
saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut
cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi
pasar tradisional dan pasar modern.
Pasar Tradisional
Pasar tradisional
adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat
mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan
adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
Pasar Modern
Pasar modern adalah
pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga
pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal,
plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar
menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang
tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging
serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar
menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang
dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
Pasar Lokal
Pasar Daerah
Pasar Nasional dan
Pasar Internasional
Konsep-Konsep
Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti
pemasaran meliputi:
1. kebutuhan,
2. keinginan,
3. permintaan,
4. produksi,
5. utilitas,
6. nilai dan kepuasan;
7. pertukaran,
8. transaksi dan hubungan pasar,
9. pemasaran dan pasar.
Kita dapat membedakan
antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan
dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang
kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih
mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang
didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Manajemen
Pemasaran
Manajemen pemasaran
adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan( yang terdiri dari
kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir ) serta mengawasi atau
mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan
organisasi secara efesien dan efektif.
Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu
analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya,
sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan
seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran adalah
empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
Product (produk)
Price (harga)
Place (tempat, termasuk
juga distribusi)
Promotion (promosi)
Karena pemasaran
bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus
berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang
selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process
(Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu
Purple Cow. Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang
ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam
membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi
terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk
diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Tujuan
Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif
dari sistem pemasaran, yaitu :
a. Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran adalah
memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi,
kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum.
b. Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran
lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur
kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk
pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh
kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung
dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c. Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya
kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang; mutu lingkungan
fisik; dan mutu lingkungan kultur.
Pendekatan dalam
mempelajari pemasaran.
a) Pendekatan Seba Fungsi
Dari apa saja kegiatan
pokok pemasaran, yaitu :pembelian, pengangkutan, penjualan,
penyimpanan,pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading,
pengumpulan informasi pasar
b) bPendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga
atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier,
perantara dagang dsb
c) Pendekatan Serba barang (Pendekatan
Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana
barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industry
Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang
diambil
d) Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen, produk, dan lembaga
REFERENSI
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
No comments:
Post a Comment