CONTOH
KASUS PEMASARAN
Indofood Sukses Makmur
Salah satu perusahaan yang sangat terkenal di
Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur, atau yang lebih dikenal dengan naman
Indofood. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 oleh alm Sudono Salim dengan
nama awal Panganjaya Intikusuma. Pada tahun 1994 perusahaan berganti naman
menjadi Indofood dan pada saat bersamaan Hendy Gunawan, direktur pemasaran pada
saat itu melakukan peninjauan strategi pemasaran serta performa perusahaan,
salah satu yang dievaluasi adalah produk mie instant.
Pada saat itu penjualan produk meningkat selama 2
tahun dengan pertumbuhan mencapai 53% dan 95% antara tahun 1991 - 1993.
Perusahaan berencana melakukan IPO pada akhir 1994 dan pada saat itu keputusan
penting yang diambil adalah terkait dengan produk perusahaan dan wilayah
regional yang akan menjadi target sasaran.
Sangat penting bagi Indofood untuk mempertahankan
kondisi market leader saat itu. Posisi itu dapat dicapai dengan
melancarkan penetrasi produk yang kuat dan didukung oleh kontrol distribusi
serta produksi yang ketat. Dengan kebijakan ini perusahaan dapat mengontrol
biaya dan mempengaruhi kebijakan harga. Harga menjadi faktor penting karena
banyak produknya adalah kebutuhan pangan sehari-hari sehingga konsumen cukup
sensitif dengan harga. Strategi perusahaan dapat dibagi menjadi 4 pilar yaitu
kemapuan organisasi, kemapuan pemasaran, kemampuan produksi dan kapabilitas tim
manajemen dalam menyuarakan kebijakan.
Indofood
melakukan investasi yang kuat dalam membangun dan mempertahankan merek. Usaha
pemasaran dilakukan melalui iklan di banyak media massa dan sponsorship padabanyak
event . Saat itu Indofood mengembangkan tim riset dengan mempekerjakan
sebanyak 60 orang untuk membantu perusahaan merespon secara efektif
pergerakan tren, preferensi, dan ekspektasi pasar. Indofood juga memiliki
departemen desain kemasan sendiri. Pada tahun 1990an perusahaan memiliki sistem
distribusi makanan terbesar di Indonesia. Aktifitas dan distribusi ini
dikoordinasikan melalui sistem infomasi manajemen.
Pada tahun 1994 , Indofood berhasil menjadi produsen
mie instant terbesar di dunia dengan pangsa pasar sebesar 90% di Indonesia.
Sampai saat ini Indofood adalah salah satu perusahaan yang produknya dikenal
masyarakat Indonesia dan berhasil menguasai pasar ekspordengan sejumlah
produknya
No comments:
Post a Comment