KASUS
PEMASARAN
Untuk produk yang sudah terkenal dengan inovasinya dan
berhasil mendunia berkat kualitasnya yang baik dengan harga nya masih tergolong
terjangkau. Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1943 oleh Ingvar
Kamprad yang saat itu masih berusai 17 tahun!. Modal awalnya ia dapatkan dari
orang tuanya sebagai hadiah keberhasilan studinya. Nama IKEA sendiri diambil
dari inisial nama pendiri (Ingvar Kamprad = IK) dan huruf pertama nama
pertanian serta desa tempatt ia dibesarkan yaitu Elmtaryd = E dan Agunnaryd = A
tempat Ingvar dibesarkan.
Untuk distribusi produk, IKEA membangun jaringan
secara bertahap. Pada tahun 1947 pemesanan produk dilakukan via pos secara
sederhana dan sejak tahun 1950an Ingvar mulai menggunakan katalog untuk
memperkenalkan produknya kepada konsumen dan dapat dilakukan pemesanan melalui
telepon. Metode inilah yang menjadi landasan bisnis IKEA selama bertahun-tahun
kemudian.
Di dunia internasional IKEA dianggap
sebagai perusahaan revolusioner di industri mebel, terutama dari segi
manufaktur dan cara penjualan. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain kala
itu, IKEA memperkenalkan konsep baru berupa konsumen dapat memilih sendiri
produk yang diinginkannya dan merakit sendiri di rumah. Di dalam toko
disediakan katalog sebagai pengganti tenaga penjual untuk menjelaskan produk.
IKEA melakukan pengemasan dengan baik dan praktis sehingga dapat mengurangi
biaya pengiriman dan penyimpanan dan malah memungkinkan pembeli mengambil
sendiri barang dari toko dan membawanya pulang dengan mudah.
Dalam perancangan kebijakan IKEA memiliki 3 prinsip
yaitu prinsip pertama adalah menjalankan bisnis dengan efisien dan efektif,
kedua semua aktifitas harus saling terkoneksi satu sama lain dan konsisten
sehingga kompetitor akan sulit menirunya, dan terakhir adalah aktifitas
perusahaan dilakukan dengan pengelompokan yang tidak umum dan sedapat mungkin
sulit dilakukan oleh pesaing. Pengelompokan ini kemudian dapat diterapkan dalam
pembuatan katalog produk.
IKEA juga memiliki visi "menciptakan kehidupan
yang lebih baik untuk semua orang", Visi ini mempengaruhi arah perusahaan
dalam jangka panjang tapi juga internal marketing di perusahaan dan seluruh
karyawan IKEA. Sehingga visi ini pun mempengaruhi berbagai kebijakan dan
pendekatan manajemen pada karyawan perusahaan. IKEA sangat menghargai hasil
kerja sama tim dalam proses kerja sehari-hari dimana setiap karyawan diminta
untuk saling menghargai apa pun jabatannya. Dalam suasana kerja yang baik, IKEA
dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen.
IKEA mengkobinasikan dengan baik berbagai sumber daya
dan kompetensi yang dimiliki sehingga mendapatkan kualitas yang baik dengan
harga yang terjangkau. Mau makin memperindah tampilan rumah kamu selain dengan
produk IKEA juga bisa dengan menambahhiasan
dinding ini :D
REFERENSI
No comments:
Post a Comment